Tugas Metodologi Penelitian Komputer ~ Ngudi Bego™

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik
Disini
Widget by: Ngudi Bego™

Minggu, 01 April 2012

Tugas Metodologi Penelitian Komputer

Share this on :




PROPOSAL PENELITIAN

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis WEB Pada UMPTB








Oleh:
Ahmad Ngudi Pranoto
090501002






UNIVERSITAS MEGOU PAK TULANG BAWANG 
FAKULTAS MATEMATIKA dan ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
2011

  • JUDUL PENELITIAN
    PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS WEB PADA UMPTB

  • BIDANG ILMU : TEKNOLOGI

  • PENDAHULUAN
    Dengan semakin majunya teknologi informasi dan komputer dewasa ini, tentunya membuat setiap user ingin juga memanfaatkan dan maju beserta teknologi tersebut. Keinginan untuk maju tersebut mendorong setiap orang, perusahaan, organisasi dan lembaga pendidikan dari berbagai macam jenjang untuk memperkenalkan ke luar dengan memanfaatkan teknologi yang canggih dewasa ini seperti internet.
    Penyajian informasi seputar perusahaan, organisasi dan lembaga pendidikan di internet dilakukan dengan metode penyajian WEB (situs) yang di desain dengan baik dan bahkan dapat diakses dari berbagai pelosok daerah di belahan dunia.
    Ketika user mengunjungi situs perguruaan tinggi yang telah ada pada internet, akan tertarik dan menggali sedalam mungkin informasi yang ada di situs perguruan tinggi tersebut, sebagian besar yang sangat banyak dikunjungi adalah akses perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi tersebut.
    Persoalannya adalah bagaimana merancang dan mendesain WEB tersebut dengan baik dan benar, sehingga dapat memberikan daya tarik utama (eyes capture) dan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Untuk menyajikan WEB suatu perguruan tinggi dan perpustakaan sebagai "eyes capture", tidak terlepas dari perancangan WEBnya dan tidak terlepas pula dari desain isi, desain visual dan informasi yang dikadung didalamnya. WEB suatu perguruan tinggi yang mempunyai desain visual yang benar-benar menarik serta penuh dengan kreatifitas dan informasinya yang padat, akan membuat pengunjung atau pengakses semakin tertarik untuk menjelajahinya. Tetapi adapula WEB perguruan tinggi dan perpustakaan yang juga di desain dengan seadanya saja serta bersifat asal-asalan tanpa memperhatikan berbagai unsur, seperti unsur perancangan, keindahan desain visual, unsur desain isi, unsur interaktif serta keterbaruan informasi.
    Akhir-akhir ini banyak perguruan tinggi dan perpustakaan yang sudah menempatkan WEB di Internet sebagai suatu ajang penyajian sistem informasi yang sangat murah dan bahkan menerima pendaftaran mahasiswa baru, perpustakaan, sistem pelayanan pengajaran, konsultasi kuliah, dan berbagai informasi lain seperti penyajian makalah penelitian dan lain-lain. Tinggal bagaimana kita sekarang untuk memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin, era globalisasi merupakan suatu era dimana jarak tidak merupakan suatu batasan, antar user yang berjauhan walau berjuta - juta kilometer jauhnya, bukan merupakan halangan. Salah satu alternatif untuk penyajian sistem informasi yang ada saat ini adalah perancangan aplikasi perpustakaan perguruan tinggi berbasis WEB.
  • PERUMUSAN MASALAH
    Dari permasalahan yang telah diungkapkan diatas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut :
    • WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB yang disajikan tidak memperhatikan perancangan, system analyst, desain isi, desain visual, keterbatasan informasi dan unsur interaktif, sehingga membuat pengunjung tidak tertarik dan bahkan tidak betah untuk menikmati WEB perpustakaan perguruan tinggi tersebut.
    • Belum optimalnya suatu WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB dalam memanfaatkan teknologi Jaringan Komputer, dalam hal ini yaitu Internet.
    • WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB yang tidak atau lama di-update secara berkesinambungan menyebabkan informasi yang ada di WEB tersebut tidak up to date.

  • TINJAUAN PUSTAKA
    Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Halaman-halaman dari website dapat diakses melalui sebuah URL yang biasanya disebut Homepage. URL ini mengatur halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki,meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
    Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs- situs bisnis, situs-situs e-mail gratis, yang membutuhkan subkripsi agar kita dapat mengakses situs tersebut.
    Penemu website adalah Sir Timothy John “ Tim ” Berners - Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempatnya bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website dapat berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, terkadang perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak terlalu terlihat. Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client.
    Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya dapat berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, atau yang disebut HTTP Server, dan pengertian ini dapat menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna.

    Bagaimana Cara Sebuah Website Bekerja
    Website hanyalah sebuah kumpulan file yang terletak pada sebuah komputer yang terhubung ke Internet. Ketika seseorang mengunjungi Website Anda, mereka sebenarnya hanya terhubung ke sebuah komputer dan komputer (yang kemudian disebut sebagai Server) tersebut memberikan file yang ingin mereka lihat. Ini kedengaran simple, tetapi umumnya komputer biasa tidak memiliki power dan software yang dibutuhkan untuk merespon semua permintaan yang dibutuhkan oleh pengunjung Website Anda. Dan walaupun komputer/server Anda sanggup, komputer Anda akan membutuhkan koneksi/akses Internet yang luar biasa cepat untuk melayani jumlah pengunjung Website Anda.

    Definisi sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) computer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.

    Perpaduan antara berbagai jenis jaringan Intranet (Khoe Yao Tung, Teknologi Jaringan Intranet) memungkinkan terbentuknya suatu jaringan yang berskala besar yang sering disebut dengan jaringan internet atau jaringan global. Jaringan Komputer kian mewabah pemakaiannya dewasa ini, dari berbagai sistem yang telah dan akan diterapkan memberikan gambaran bahwa peralihan zaman dari komputer pribadi menjadi komputer yang telah siap terhubung ke dunia jaringan komputer atau internet kian besar kemungkinannya, seperti yang telah dituturkan oleh Bournellis Cynthia kepada Personal Computer Magazine, Amerika, yang terbit pada bulan November 1995, dengan judul Internet World.

    Kebutuhan akan jaringan semakin besar, maka semakin besar pula aspek error connecting yang ada, peralihan data yang lebih besar membutuhkan kecepatan dan pelayanan dari hardware yang baik (DC. Green, dalam bukunya Komunikasi Data). Data yang menjadi sasaran utama dalam hubungan antar komputer pada jaringan internet memerlukan pemeliharaan (maintanance) yang sangat efektif, kadangkala data yang kita dapatkan dari hasil download di jaringan internet sering timbul pesan “Not Valid Archive” atau pesan-pesan lain yang menandakan bahwa data yang telah kita dapatkan tersebut di tertampung secara utuh, kejadian-kejadian seperti ini merupakan suatu bencana yang sangat besar bagi perorangan dan bahkan perusahaan-perusahaan yang sangat besar dimana data tersebut yang karena besar dan koneksi yang lambat serta sangat dibutuhkan ternyata tidak memenuhi sasaran.
    Hal-hal diatas perlu suatu kejelian dan keterampilan-keterampilan yang sangat memadai dalam dunia jaringan komputer, khususnya internet, dimana saat ini sangat banyak pengguna internet, kadangkala mengabaikan aspek-aspek yang kiranya sangat mudah untuk dilakukan tetapi karena keterampilannya yang sangat minim, hingga berakibat fatal (Buku : Pedoman Belajar Internet oleh Douglas W. Allen).

    Teknologi internet, seperti yang telah diterangkan diatas memerlukan suatu protokol yang dinamakan dengan protokol TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol) yang diterapkan seiring dengan melajunya pemakaian jaringan internet, seperti yang dikemukakan oleh Drew Heywood dalam bukunya yang berjudul Konsep dan Penerapan Microsoft TCP/IP, jaringan internet memerlukan TCP/IP sebagai suatu protokol atau interface yang sangat baik, selain IPX yang sudah kita kenal dalam sistem operasi Novell.

    Tentu kita bertanya-tanya, apa saja yang akan ditampilkan dalam peralihan data-data yang ada pada jaringan internet menggunakan protokol TCP/IP tersebut, data-data yang kita miliki dengan sedemikian rupa karakteristiknya dapat secara mudah ditampilkan dalam jaringan internet, E. Setiawan dalam tulisannya yang berjudul Internet dan World Wide Web Selayang Pandang, telah memberikan gambaran kepada kita apa saja yang dapat disajikan dalam jaringan komputer selain Electronic Mail yang telah digunakan sejak awal penerapan jaringan komputer oleh ARPnet. Lebih jauhnya halaman Web yang ditampilkan memiliki karakteristik dan tampilan yang berbeda-beda pula, saat ini perkembangan perancangan dan disain halaman Web sangat mudah dilakukan dengan menggunakan HTML seperti yang dikemukan oleh John Mccoy pada bukunya yang berjudul Menguasai Desain WEB.
    Desain WEB merupakan suatu keterampilan yang juga kiranya memerlukan ketekunan yang teliti dan baik bagi seorang WEB Master (System Administrator WEB pada suatu Server), karena WEB yang menarik akan sering dikunjungi oleh pemakai internet, dengan menggunakan HTML kita akan lebih diarahkan dengan pengenalan baris-baris komentar yang hampir mirip dengan bahasa-bahasa pemrograman yang telah kita kenal seperti Pascal, C / C++, Basic dan lain sebagainya. Bagaimanapun HTML merupakan bahasa yang pertama sekali diterapkan untuk mempublikasi halaman WEB pada jaringan komputer (Dios Kurniawan, pada bukunya yang berjudul HTML 3 untuk publikasi di Internet).

    Saat ini penyajian-penyajian halaman WEB sudah dijadikan suatu tempat yang sangat efektif dan merupakan media yang ekonomis dibandingkan dengan media-media lain yang mempunyai akses dunia, perpustakaan perguruan tinggi dan berbagai lembaga akademis lainnya juga memanfaatkan WEB suatu media yang sangat efektif untuk penyajian informasi seperti yang telah dikemukakan oleh Irvan Nasium dalam analisisnya tentang Situs Perguruan Tinggi Indonesia pada majalah Info Komputer Internet yang terbit pada bulan 15 Desember 1997.

    Penyajian sistem informasi perpustakaan perguruan tinggi saat ini merupakan suatu hal yang sangat dinanti-nantikan oleh para pengguna internet, karena mereka dapat dengan mudah melihat dan bisa mengakses data pada perpustakaan perguruan tinggi yang telah memiliki halaman WEB pada internet, hingga kadang kala kita juga memerlukan suatu alamat-alamat yang tersusun secara rapi dan up to date seperti yang dikemukan oleh Lani Sidarta dalam bukunya yang berjudul Direktori World Wide Web Indonesia dan Dunia.
  • HIPOTESIS
    WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB yang di sajikan harus memperhatikan perancangan, system analyst, desain isi, desain visual, memberi informasi dan unsur interaktif yang cukup sesuai kebutuhan pengunjung, sehingga membuat pengunjung tertarik dan bahkan betah untuk menikmati WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB. Mengoptimalkan WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB dalam memanfaatkan teknologi Jaringan Komputer. WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB meng- update secara berkesinambungan sehingga informasi yang ada selalu up to date.

  • TUJUAN PENELITIAN
    Adapun tujuan dalam pembuatan Penelitian ini, yaitu :
    • Untuk memberikan gambaran perancangan WEB perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB.
    • Menjelaskan betapa pentingnya penyajian sistem informasi suatu perpustakaan perguruan tinggi pada jaringan komputer (intranet dan internet), sehingga informasi tersebut dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, baik dari kalangan mahasiswa setempat atau kalangan-kalangan lain yang kiranya memerlukan informasi tentang perpustakaan perguruan tinggi pada UMPTB tersebut.

  • METODOLOGI PENELITIAN
    Dalam Perancangan Sistem Informasi perpustakaan Perguruan Tinggi melalui media Jaringan Komputer, maka metodologi yang digunakan untuk pengumpulan data adalah sebagai berikut :
    • Wawancara
      Wawancara dilakukan dengan pegawai atau instansi yang berwenang yaitu pada bagian sistem informasi yang secara tidak langsung berkepentingan dalam perancangan sistem.
    • Literatur Pustaka
      Literatur pustaka dapat diambil dari sumber-sumber ataupun buku-buku yang ada relevansinya dengan penelitian yang dilakukan serta untuk mendapatkan informasi ataupun data yang lebih akurat dan obyektif.
    • Survey Lapangan
      Merancang secara langsung proses penyajian sistem informasi perpustakaan perguruan tinggi dari berbagai media atau kalangan.
    • Observasi
      Melalui jaringan internet untuk mendapatkan gambaran WEB perpustakaan perguruan tinggi dan informasi lainnya yang mendukung penelitian ini.

  • JADWAL PENELITIAN

    NO
    KEGIATAN
    BULAN OKTOBER – NOVEMBER 2011

    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    1
    2
    3
    4
    Wawancara
    Literatur Pustaka
    Survey Lapangan
    Obervasi
    X

    X

     X


    X


      X



    X



      X



    X

  • DAFTAR PUSTAKA
    Bournellis Cynthia, Internet World, November 1995, Personal Computer Magazine, Amerika.

    DC. Green, Komunikasi Data, 1995, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

    Dios Kurniawan, HTML 3 untuk publikasi di Internet, 1997, BPFE - Yogyakarta.

    Douglas W. Allen, Steve Johnson. Pedoman Belajar Internet., 1998, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

    Drew Heywood, Konsep & Penerapan Microsoft TCP/IP, 1997, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

    E. Setiawan, Internet dan World Wide Web Selayang Pandang, 1996, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

    Irvan Nasium, Situs Perguruan Tinggi Indonesia, Edisi 15 November - 15 Desember 1997, Info Komputer Internet, Jakarta.

    John Mccoy, Menguasai Desain WEB, 1997, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

    Khoe Yao Tung, Teknologi Jaringan Intranet, 1997, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

    Lani Sidarta, Direktori Word Wide Web Indonesia dan Dunia, 1996, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

    Sampurna, Belajar Sendiri Membuat Homepage dengan HTML, 1997, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

    http://inikaryaanakbangsa.blogspot.com/2010/02/tugas-1-definisi-web-sejarah-web-macam.html (di ambil tanggal 20 Oktober 2011)


  • Baca Juga Artikel Terkait Dibawah Ini:
Comments
1 Comments

1 komentar:

salam kenal ja gan.....
maju terus universitas megow pak...
jangan lupa follow and kunjungan balik ya....
http://mentari-dunia.blogspot.com/2013/01/download-option-file-pes-6-terbaru-2013.html

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Komentar Anda Sangat Berarti Bagi Kami

Mohon Ma'af jika komentar sobat tidak langsung saya balas
karena sibuk dengan urusan yang lain. :)